sejarah




Berdirinya Fakultas Sains dan Teknologi dimulai dari berdirinya fakultas Teknik  Universitas PGRI Yogyakarta pada tanggal 25 Juni tahun 1997, berdasarkan SK Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 180/DIKTI/kep/1997 dengan status Terdaftar.


Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Yogyakarta saat ini memiliki tujuh program studi yaitu program studi Sarjana Informatika, Sarjana Teknik Industri,  Sarjana Farmasi, Sarjana Arsitektur, Sarjana Gizi, Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Elektro-medis dan Sarjana Teknik Biomedis


Potensi yang dimiliki Fakultas Sains dan Teknologi dengan berbagai fasilitas dan infra struktur seperti gedung, sarana perkuliahan, sarana administrasi, poliklinik, fasilitas peribadatan yang memadai. Unit-unit penunjang sebagai pendukung kualitas akademik seperti perpustakaan, Laboratorium Dasar, Laboratorium Multimedia, Laboratorium Proyek, Laboratorium Hardware dan Jaringan Komputer, dan ruang kuliah dengan konsep Student Center Learning (SCL) tersedia secara representative.


Kepemimpinan pada Fakultas Sains dan Teknologi dipimpin oleh seorang Dekan. Selama 20 tahun, Fakultas Teknik telah di pimpin oleh 4 orang Dekan. Periode 1997-2001 Dekan fakultas teknik adalah Drs. Sukiran.  Periode 2001-2005 dan 2005-2009 (dua peride) dipimpin oleh Ahmad Riyadi, M.Kom. Periode 2009-20013 dan 2013-2017 (dua periode) dipimpin oleh M. Fairuzabadi, M.Kom.  Pada periode Dekan Fakultas Teknik Ibu Meilany Nonsi Tentua, S.Si, MT dengan periode masa jabatan 2017-2021, ditengah masa  pimpinan, Fakultas teknik berubah menjadi Fakultas Sains dan Teknologi. .


Animo mahasiswa baru yang masuk ke Fakultas Sains dan Teknologi semakin tahun semakin meningkat, dibuktikan dengan jumlah pendaftar dan calon mahasiswa yang melakukan registrasi (data PMB). Hal ini membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pendidikan di UPY khususnya Fakultas Sains dan Teknologi  semakin tinggi, sehingga Fakultas Sains dan Teknologi juga harus memberikan pelayanan yang semakin baik dan semaksimal mungkin kepada mahasiswa. Semoga Fakultas Sains dan Teknologi dapat berkontribusi bagi dunia pendidikan yaitu dengan menghasilkan lulusan yang bermutu dan berkarakter, serta semakin maju di masa mendatang.